Tips Agar Anjing Tidak Galak dan Cara Menjinakkannya

Tips Agar Anjing Tidak Galak dan Cara Menjinakkannya

Jika kamu atau orang lain pernah dikejutkan oleh serangan tiba-tiba dari anjing kesayanganmu, tips berikut ini akan membantumu mengatasi masalah tersebut.

Tips agar anjing tidak galak yang akan diberikan CloverLeo kali ini dapat membantu untuk mengatasi perilaku agresi anjingmu, tapi mungkin kamu perlu menghubungi pelatihan anjing yang berkualifikasi untuk mengetahui dan membantu menentukan penyebab anjing mu berperilaku agresif.

Seorang spesialis perilaku anjing akan memberimu teknik sesuai dengan penyebab keagresifan anjingmu, selain itu mereka juga akan memberikanmu beberapa alat untuk mencegah perlaku galak anjing di masa mendatang.

Tips Agar Anjing Tidak Galak

Tips agar anjing tidak galak yang wajib diketahui oleh semua pemilik anjing adalah, tetap tenang. Anjing mu mungkin menggeram di depan tulang, menggeram pada anjing lain, atau berusaha menerkam orang lain, dan biasanya naluri pertama sang pemilik adalah berteriak “TIDAK !!!”.

Nah, yang perlu kamu tahu bahwa reaksi reflek tersebut sebenarnya dapat membuat anjing galak mu semakin bersikap defensif, dan secara naluri mereka akan menjadi lebih siaga dan semakin siap menyerang siapapun yang ada di depannya.

Untuk mengatasi hal ini, pastikan untuk selalu membawa anjing mu dengan tali pengikat, dan ketika dia bersikap galak terhadap sesuatu, benda di jalan, anjing lain, atau anak kecil yang kebetulan lewat, maka pelan-pelan bawa dia menjauh dari sumber tersebut.

Dengan menjauh secara tenang dari sumbernya, anjing galak mu akan mendapatkan kesempatan untuk pulih dari gejolak emosional yang menyebabkan keagresifannya. .

Namun bagaimana jika anjingmu sedang tidak mengenakan tali pengikat?

Maka, ini akan menjadi sedikit lebih rumit. Tips mengatasi anjing galak yang sedang berada dalam keadaan bebas dari kekangnya adalah, Jangan mendekatinya.

Dengan berjalan mendekati anjing yang sedang gelisah seperti itu, kamu sama saja menyampaikan bahwa kamu adalah lawannya. Bertentangan dengan informasi populer yang mengatakan bahwa kita harus lebih mendominasi dari mereka, hal ini justru dapat memperburuk situasi karena kamu nampak seperti ancaman di hadapannya.

Selalu ingat dengan rumus ini = Galak + Galak = Makin Galak

Tips Membuat Anjing Galak jadi Jinak

Oleh karena itu, tips agar anjing tidak galak yang perlu kamu lakukan dalam kondisi ini adalah dengan cara mengurangi ketegangan, dan berada dalam posisi aman dengan menghilangkan tekanan sosial: Berhenti bergerak, turunkan kepalamu sedikit, dan buat tubuhmu lebih santai. (Percayalah, secara naluri anjing sangat peka dengan bahasa tubuh lawannya.)

Mengomunikasikan kepada anjingmu bahwa kamu bukanlah ancaman adalah cara yang jauh lebih baik untuk mencegah serangan mendadak daripada menambahkan lebih banyak keagresifan di situasi yang tidak stabil ini.

Ingat. JANGAN PERNAH membalikkan punggung, berlari, menjerit, atau melakukan gerakan tiba-tiba, karena hal ini sama saja memastikan dirimu untuk terluka

Setelah kamu mendapatkan ketenangannya, maka segera temukan sumber keagresifan anjingmu. Setelah itu dengan sepelan mungkin, pindahkan sumber tersebut menjauh dari anjingmu, dan giring anjingmu ke dalam kandang.

Melempar camilan ke ruangan lain untuk menjauhkan anjing galakmu mungkin nampak sebagai pujian atas perilakunya, namun hal tersebut juga berguna untuk menghindarimu dari serangannya.

Praktikkan pencegahan. Penting untuk mencatat apa yang menyebabkan anjing mu menjadi galak. Apakah anjingmu menggeram karena mainan baru? Apakah orang asing mendekati anjing mu dengan tiba-tiba? atau Apakah anjingmu berdiri di depanmu dan sedang berusaha melindungmu dari sesuatu?

Seroang pelatih anjing profesional dapat membantumu mengidentifikasi apa yang menyebabkan anjing menjadi galak, tetapi sebelum menemui pelatih anjing, setidaknya kamu harus mengetahui tips agar anjing tidak galak yang dapat kamu lakukan sendiri terlebih dahulu.

Tali dan kandang adalah cara yang bagus untuk menjaga agar semua orang tidak terluka (anak kecil, orang asing, atau anjing lain) sampai pelatihnya tiba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*