Pembroke Welsh Corgi: Sorotan, Sejarah, Perawatan, Kepribadian

Pembroke Welsh Corgi

Anjing Welsh Corgi tedapat dalam dua jenis: Pembroke dan Cardigan. Mereka didaftarkan sebagai satu breed oleh Kennel Club di Inggris sampai tahun 1934, meskipun banyak peternak percaya bahwa kedua breed tersebut berkembang secara terpisah.

Keduanya sama-sama memiliki kepala, badan, tingkat kecerdasan dan kemampuan menggembala, tetapi Cardigan sedikit lebih besar dan bertulang lebih berat daripada Pembroke.

Bagi kebanyakan dari kita, cara termudah untuk membedakan antara Pembroke dan Cardigan adalah dengan melihat ekornya. Pembrokes tidak memiliki ekor dan Cardigans berekor panjang.

Pembroke Welsh Corgi adalah yang terkecil dari Grup Herding American Kennel Club, dan juga diakui oleh United Kennel Club. Bulu mereka bisa berwarna merah, warna bulu musang, coklat kekuningan atau tiga warna (merah, hitam dan cokelat), biasanya dengan tanda putih di kaki, dada, leher, moncong dan perut.

Mereka juga mungkin memiliki tanda seperti kobaran api kecil di kepala mereka. Kepala pembroke bentuknya sangat mirip dengan kepala rubah. Mata mereka berbentuk oval dan gelap, serta telinganya tegak.

Sorotan Pembroke Welsh Corgi

  • Pembroke adalah anjing vokal yang memiliki kecenderungan untuk menggonggong pada apa saja.
  • Meskipun mereka adalah anjing yang cerdas, mereka juga bisa keras kepala. Jika mengacak-acak rumah merupakan masalah, pelatihan kandang sangat disarankan.
  • Naluri menggembala mereka yang kuat dapat menyebabkan mereka menggigit tumit anak-anak saat mereka bermain.
  • Pembroke cenderung makan berlebihan. Asupan makanan mereka harus diawasi dengan ketat.
  • Meskipun mereka adalah anjing kecil, Pembroke memiliki banyak energi dan membutuhkan banyak olahraga setiap hari.
  • Untuk mendapatkan anjing yang sehat, jangan pernah membeli anak anjing dari peternak yang tidak bertanggung jawab, pabrik anak anjing, atau toko hewan peliharaan. Carilah peternak tepercaya yang menguji anjing pembiakannya untuk memastikan mereka bebas dari penyakit genetik yang mungkin ditularkan ke anak anjing, dan memiliki temperamen yang baik.

Sejarah Pembroke Welsh Corgi

Berasal dari Pembrokeshire, Wales, Pembroke Welsh Corgi adalah anjing mempesona yang latar belakangnya kaya akan cerita rakyat. Menurut legenda Welsh, Pembroke Welsh Corgi muncul dari sarang peri dan elf!

Menurut legenda, suatu hari dua anak keluar ke ladang untuk merawat ternak keluarga mereka ketika mereka menemukan beberapa anak anjing. Anak-anak mengira mereka rubah, tetapi menyadari sesuatu yang berbeda dengan hewa tersebut, mereka mengikatnya dan membawanya pulang.

Orang tua mereka segera melihat bahwa hewan tersebut itu bukanlah rubah, tetapi memang anak anjing, dan memberi tahu anak-anak mereka bahwa anak-anak anjing tersebut adalah hadiah dari peri yang tinggal di ladang. Peri menggunakan mereka untuk menarik kereta dan terkadang pergi ke medan perang.

Sebagai bukti bahwa Pembrokes memang tunggangan peri, orang tuanya menunjuk ke tanda di punggung mereka tempat pelana peri diletakkan. Anak-anak sangat senang dan menyayangi anak-anak anjing tersebut. Saat mereka tumbuh dewasa, anjing-anjing itu menjadi sahabat yang berharga dan belajar membantu anak-anak merawat ternak keluarga.

Bagi yang tidak percaya dengan dongeng, ada sejarawan yang mengatakan bahwa Pembroke Welsh Corgi merupakan keturunan dari Vallhunds, anjing ternak Swedia yang dibawa ke Wales oleh bangsa Viking pada abad ke-9 dan ke-10. Yang lain mengira mereka mungkin keturunan dari anjing yang dibawa ke Wales oleh penenun Flemish pada abad ke-12.

Bagaimanapun, trah ini memiliki silsilah sejarah yang agak buram. Para petani yang memelihara anjing pekerja di masa lalu membiakkan anjing terbaik untuk pekerjaan yang mereka inginkan. Mereka tidak menyimpan catatan bagus tentang perkawinan tersebut.

Pada 1920-an, UK Kennel Club mengakui Corgi sebagai anjing ras murni. Mereka secara resmi dikenal sebagai Welsh Corgi ketika dipamerkan pertama kali pada tahun 1925. Saat itu, Pembrokes dan Cardigans dipertunjukkan dalam kelas yang sama sebagai satu ras.

Kemudian, pada tahun 1934, Kennel Club mengakui Pembroke dan Cardigan sebagai dua ras yang terpisah. Pada tahun yang sama, American Kennel Club mengikutinya. Pembrokes pertama kali ditampilkan di AS pada tahun 1936.

Pembrokes perlahan-lahan mendapatkan popularitas di AS, dan hari ini, termasuk di antara 50 ras paling populer untuk hewan peliharaan keluarga. Mereka juga populer dengan Yang Mulia, Ratu Elizabeth II dari Inggris, yang menerima Pembroke Welsh Corgi pertamanya dari ayahnya (Raja George VI) pada tahun 1933.

Nama anak anjing itu adalah Rozavel Golden Eagle dan merupakan teman bermain Elizabeth dan saudara perempuannya, Margaret. Elizabeth menyukai anjing-anjing kecil itu sejak saat itu, dan saat ini memiliki sekawanan anjing yang bermalas-malasan di sekitar Istana Buckingham.

Ukuran Pembroke Welsh Corgi

Pembroke Welsh Corgi tingginya antara 25cm hingga 30cm, dan beratnya tidak lebih dari 13 kilogram.

Kepribadian Pembroke Welsh Corgi

Meskipun Pembrokes masih digunakan sebagai anjing pekerja, namun sekarang mereka paling sering dilihat sebagai hewan peliharaan keluarga. Mereka dikenal bahagia, penyayang, dan cerdas, tetapi kadang-kadang keras kepala atau mandiri. Mereka mudah dilatih, tetapi jangan berharap Pembroke kamu akan selalu patuh. Mereka suka berpikir sendiri.

Meskipun mereka ingin menyenangkan pemiliknya, makanan adalah motivator yang baik bagi mereka saat pelatihan. Lanjutkan dengan hati-hati: Pembrokes suka makan dan bisa menjadi obesitas jika asupan makanannya tidak diatur.

Pembrokes juga merupakan anjing pengawas yang baik. Mereka dapat mencurigai orang asing, dan akan cepat menggonggong jika mereka merasa ada sesuatu atau seseorang yang mengancam rumah dan keluarganya.

Seperti setiap anjing, Pembroke membutuhkan sosialisasi awal, seperti keterpaparan pada banyak orang, pemandangan, suara, dan pengalaman yang berbeda sejak mereka masih kecil. Sosialisasi membantu memastikan bahwa anak anjing Pembroke tumbuh menjadi anjing yang baik.

Kesehatan Pembroke Welsh Corgi

Pembrokes umumnya sehat, tetapi seperti semua ras, mereka rentan terhadap kondisi kesehatan tertentu. Tidak semua Pembrokes akan terkena salah satu atau semua penyakit ini, tetapi penting untuk menyadarinya jika kamu ingin memelihara ras ini.

Jika kamu membeli anak anjing, carilah peternak yang baik yang akan menunjukkan izin kesehatan untuk kedua orang tua anak anjing tersebut. Izin kesehatan membuktikan bahwa seekor anjing telah diuji dan dibersihkan dari kondisi tertentu.

Untuk Pembroke, kamu akan mendapatkan izin kesehatan dari:

  • Orthopedic Foundation for Animals (OFA) untuk displasia pinggul (dengan skor sedang atau lebih baik), displasia siku, hipotiroidisme, dan penyakit von Willebrand
  • Auburn University untuk thrombopathia
  • Canine Eye Registry Foundation (CERF) yang menyatakan bahwa mata normal.

Kamu dapat memastikan izin kesehatan dengan memeriksa situs web OFA (offa.org).

Displasia Pinggul: Ini adalah kondisi bawaan di mana tulang paha tidak pas dengan sendi pinggul. Beberapa anjing menunjukkan rasa sakit dan ketimpangan pada satu atau kedua kaki belakang, tetapi yang lain tidak menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan.

(Pemeriksaan sinar-X adalah cara paling pasti untuk mendiagnosis masalah.) Bagaimanapun, artritis dapat berkembang seiring bertambahnya usia anjing. Anjing dengan hip dysplasia tidak boleh dibiakkan – jadi jika kamu membeli anak anjing, tanyakan kepada peternak bukti bahwa induknya telah diuji untuk hip dysplasia dan bebas dari masalah.

Katarak: Penderitaan ini menyebabkan keburaman pada lensa mata, mengakibatkan penglihatan yang buruk. Mata anjing akan terlihat keruh. Katarak biasanya terjadi pada usia tua dan terkadang bisa diangkat dengan operasi untuk meningkatkan penglihatan

Asthenia Kulit: Juga dikenal sebagai sindrom Ehlers-Danlos, dermatosparaxis, atau displasia kolagen dominan, kondisi ini menyebabkan jaringan ikat yang rusak pada kulit menjadi rapuh, kendur, dan melar. Pembuluh darah juga terpengaruh, menyebabkan memar yang berlebihan dan lepuh darah.

Cystinuria: Ini adalah kondisi di mana protein tingkat tinggi, yang disebut sistin, diekskresikan dalam urin, dan dapat mengindikasikan pembentukan batu. Ini biasanya menjadi masalah hanya pada pejantan.

Mielopati Degeneratif: Ini adalah degenerasi progresif jaringan saraf dan pendukung sumsum tulang belakang di daerah punggung bawah. Penyakit ini menyebabkan ketimpangan pada tungkai belakang, kelemahan dan akhirnya kelumpuhan dan sering salah didiagnosis sebagai penyakit cakram.

Epilepsi: Epilepsi adalah kondisi neurologis yang sering kali, tetapi tidak selalu, diturunkan. Hal ini dapat menyebabkan kejang ringan atau parah yang mungkin menunjukkan diri mereka sebagai perilaku yang tidak biasa (seperti berlari dengan panik seolah-olah dikejar, terhuyung-huyung, atau bersembunyi) atau bahkan jatuh, anggota tubuh kaku, dan kehilangan kesadaran.

Kejang memang menakutkan untuk dilihat, tetapi prognosis jangka panjang untuk anjing dengan epilepsi idiopatik umumnya sangat baik. Penting untuk membawa anjing Anda ke dokter hewan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat (terutama karena kejang dapat disebabkan oleh lain) dan pengobatan.

Penyakit Diskus Intervertebralis: Karena punggungnya yang panjang, Pembrokes cenderung pecah pada diskus tulang belakang. Gejala berupa goyah, masalah saat naik atau turun tangga dan furnitur, tubuh tergelincir, lemas, dan kelumpuhan.

Patent Ductus Arteriosus (PDA) dengan Hipertensi Pulmonal: PDA adalah cacat bawaan dari sistem vaskular yang memungkinkan darah yang tidak teroksigenasi melewati paru-paru. Biasanya terdeteksi pada anak anjing selama pemeriksaan hewan.

Hipertensi pulmonal adalah tekanan darah tinggi di dalam paru-paru dan merupakan bagian langka dari penyakit PDA. PDA dapat dikoreksi dengan pembedahan.

Progressive Retinal Atrophy (PRA): adalah salah satu jenis penyakit mata yang menyebabkan kerusakan retina secara bertahap. Pada awal penyakit, anjing yang terkena menjadi buta senja; mereka kehilangan penglihatan pada siang hari saat penyakit berkembang.

Banyak anjing yang terkena dampak beradaptasi dengan baik dengan penglihatan mereka yang terbatas atau hilang, selama lingkungan mereka tetap sama.

Displasia Retina: Ini adalah perkembangan retina yang abnormal. Terkadang retina bisa lepas dan menyebabkan kebutaan.

Penyakit Von Willebrand: Ditemukan pada anjing dan manusia, ini adalah kelainan darah yang mempengaruhi proses pembekuan. Anjing yang terkena akan mengalami gejala seperti mimisan, gusi berdarah, pendarahan berkepanjangan akibat pembedahan, pendarahan berkepanjangan selama siklus panas atau setelah melahirkan, dan terkadang ada darah di tinja.

Gangguan ini biasanya didiagnosis antara usia tiga dan lima tahun, dan tidak dapat disembuhkan. Namun, hal ini dapat ditangani dengan perawatan yang mencakup cedera kauterisasi atau penjahitan, transfusi sebelum operasi, dan menghindari pengobatan tertentu.

Perawatan Pembroke Welsh Corgi

Athletic dan sangat cepat, Pembrokes dibiakkan untuk menjadi anjing penggembala dan membutuhkan banyak latihan setiap hari. Konon, mereka dapat menjadi anjing apartemen atau rumah dengan lahan terbatas yang baik selama mereka mendapatkan rangsangan fisik yang mereka butuhkan.

Dengan kaki pendek dan punggung yang panjang, mereka tidak diharapkan untuk melompat ke atas (atau turun dari) sofa atau dari ketinggian lainnya karena sering terjadi patah tulang .

Corgi dapat beradaptasi dengan cukup mudah untuk hidup di pedesaan atau perkotaan. Meskipun bulu mereka tahan cuaca dan mereka cocok di sebagian besar iklim, mereka sangat berorientasi pada orang sekitar, dan perlu menjadi bagian dari keluarga setiap saat – sehingga sebisa mungkin tidak ditinggalkan sendirian.

Pemberian Makan Pembroke Welsh Corgi

Jumlah harian yang disarankan: 3/4 hingga 1,5 cangkir makanan kering berkualitas tinggi sehari, dibagi menjadi dua kali makan.

Catatan: Jumlah makan anjing dewasa Anda tergantung pada ukuran, usia, bentuk tubuh, metabolisme, dan tingkat aktivitasnya. Anjing adalah individu, sama seperti manusia, dan mereka tidak membutuhkan jumlah makanan yang sama.

Hampir tidak perlu dikatakan lagi bahwa anjing yang sangat aktif akan membutuhkan lebih banyak makanan daripada anjing pemalas. Kualitas makanan anjing yang kamu beli juga membuat perbedaan – semakin baik makanan anjing, semakin baik  nutrisi yang diberikan pada anjingmu dan semakin sedikit yang kamu  butuhkan untuk dimasukkan ke dalam mangkuk anjing mereka.

Pembrokes suka makan, dan akan makan sebanyak apapun jika diberi kesempatan. Jaga Corgi mu dalam kondisi yang baik dengan mengukur makanannya dan memberinya makan dua kali sehari daripada menaruh makanan di mangkuknya setiap waktu.  Jika kamu tidak yakin apakah dia kelebihan berat badan, beri dia tes mata dan tes langsung.

Pertama, lihat corgi kamu. kamu harus dapat melihat pinggangnya. Kemudian letakkan tanganmu di punggungnya, taruh ibu jari di sepanjang tulang belakang, dengan jari-jari terentang ke bawah. kamu harus bisa merasakan tetapi “tidak melihat” tulang rusuknya tanpa harus menekannya dengan kuat. Jika tidak bisa, maka dia harus mengurangi makanannya dan lebih banyak olahraga.

Warna Bulu dan Grooming

Pembrokes memiliki bulu ganda, dengan undercoat tebal dan top coat yang lebih panjang. Mereka akan tumbuh terus menerus, dengan pertumbuhan yang lebih cepat setidaknya dua kali setahun. Kamu akan menemukannya dalam warna merah, warna musang, hitam, tiga warna, atau coklat kekuningan, biasanya dengan tanda putih.

Panjang bulu juga bervariasi. Beberapa Pembroke memiliki bulu yang lembut – panjang dengan bulu yang berlebihan di telinga, dada, dan kaki.

Banyak Pembrokes memiliki apa yang disebut “pelana peri” di punggung mereka. Tanda ini, yang disebabkan oleh perubahan ketebalan dan arah sehelai rambut, mendapatkan namanya dari legenda peri mereka: Menurut salah satu legenda tersebut, peri mengendarai Pembrokes di negara asalnya, Wales.

Pembrokes mudah dirawat, tetapi kerontokan bisa menjadi masalah jika kamu tidak melakukan proses menyikat yang rutin, terutama selama kerontokan musiman yang lebih berat. Saat mereka mengalami kerontokan yang cukup banyak, maka disarankan untuk menyikatnya setiap hari.

Kamu hanya perlu memandikannya seperlunya saja, tetapi banyak orang mendapati bahwa mandi secara teratur juga membantu mengontrol kerontokan berat.

Sikat gigi Pembroke mu setidaknya dua atau tiga kali seminggu untuk menghilangkan penumpukan karang gigi dan bakteri yang mengintai di dalamnya. Menyikat giginya setiap hari juga baik jika kamu ingin mencegah penyakit gusi dan bau mulut.

Potong kukunya sekali atau dua kali sebulan jika anjing kamu tidak memakainya secara alami untuk mencegahnya patah dan masalah lainnya. Jika kamu bisa mendengar suara kukunya saat berjalan, itu berarti sudah terlalu panjang.

Kuku kaki anjing memiliki pembuluh darah di dalamnya, dan jika kamu memotongnya terlalu dalam, kamu dapat menyebabkan perdarahan – dan anjingmu mungkin tidak akan bekerja sama lagi saat dia melihat gunting kuku lagi suat hari nanti. Jadi, jika kamu tidak berpengalaman dalam memotong kuku anjing, mintalah petunjuk dari dokter hewan atau perawatan.

Telinganya harus diperiksa setiap minggu untuk mencegah kemerahan atau bau tidak sedap, yang dapat mengindikasikan infeksi. Saat kamu memeriksa telinga anjingmu, seka dengan bola kapas yang dibasahi dengan pembersih telinga yang lembut dan pH seimbang untuk membantu mencegah infeksi. Jangan memasukkan apapun ke dalam liang telinga; bersihkan saja telinga luarnya.

Mulailah membiasakan Corgi mu untuk disikat, diberishkan dan diperiksa saat dia masih kecil. Pegang cakarnya sesering mungkin – anjing dangat peka pada kakinya – dan lihat ke dalam mulutnya. Jadikan perawatan sebagai pengalaman positif yang dipenuhi dengan pujian dan penghargaan, dan kamu tidak akan mendapatkan masalah ketika mereka sudah dewasa nanti.

Saat kamu melakukan grooming, periksa juga apakan terdapat luka, ruam, atau tanda-tanda infeksi seperti kemerahan, nyeri, atau peradangan pada kulit, hidung, mulut, mata, dan kaki. Mata harus jernih, tanpa kemerahan atau kotoran. Pemeriksaan rutin dapat membantumu mengetahui masalah kesehatanya sedini muingkin.

Anak-anak dan Hewan Peliharaan Lainnya

Corgi memiliki ketertarikan yang luar biasa terhadap anak-anak, tetapi berkat naluri menggembala mereka, mereka terkadang menggigit kaki atau pergelangan kaki anak-anak. Tetapi Corgi adalah pembelajar yang bersemangat, dan dapat dilatih untuk keluar dari perilaku ini dengan cara melatih agar anjing tidak mengigit yang tepat pada usia muda.

Seperti pada setiap ras, kamu harus selalu mengajari anak-anak cara mendekati dan menyentuh anjing, dan selalu mengawasi setiap interaksi antara anjing dan anak kecil untuk mencegah gigitan atau penarikan telinga atau ekor dari salah satu pihak.

Ajari anak-anak untuk tidak pernah mendekati anjing mana pun saat mereka sedang makan atau tidur atau mencoba mengambil makanan anjing tersebut. Tidak ada anjing, yang betapapun ramahnya, dapat ditinggalkan tanpa pengawasan dengan seorang anak kecil.

Mereka biasanya baik dengan hewan peliharaan lain dalam rumah, selama mereka bersosialisasi dengan hewan-hewan tersebut sejak dini..

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*