Mengapa Anjing Tidak Mau Makan? Ini 15 Alasannya

Mengapa Anjing Tidak Mau Makan

Dalam kebanyakan kasus, anjing adalah pemakan omnivora dengan nafsu makan yang besar. Mereka akan melahap apapun yang kamu taruh di depan moncongnya tanpa ragu-ragu. Meskipun begitu, terkadang ada kalanya nafsu makan anjing turun, hingga anjing tidak mau makan.

Perilaku ini dapat mengkhawatirkan bagi pemilik yang terbiasa melihat anjing peliharaannya memakan camilan mereka setiap hari. Meskipun jarang berbahaya, namun kondisi nafsu makan rendah pada anjing tidak boleh kamu anggap remeh.

Karena tanpa nutrisi yang tepat dan mencukupi, anjing bisa berhadapan dengan sejumlah masalah yang berbeda.

15 Alasan Mengapa Anjing Tidak Mau Makan

Ada berbagai alasan mengapa anjing kehilangan nafsu makannya. Penyebabnya berada di antara masalah kesehatan dan medis hingga kualitas makanan yang kamu sediakan.

Apa pun alasannya, penting untuk segera diatasi agar anjingmu dapat kembali ke rutinitas normal dan sehat. Berikut ini CloverLeo memberikan 15 alasan mengapa anjing tidak mau makan.

1. Masalah Gigi

Masalah gigi cukup umum terjadi pada anjing. Selain itu, karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk mengungkapkan rasa sakit, masalah ini jadi sering kali luput dari perhatian.

Gusi bengkak atau berdarah sering kali merupakan indikator masalah mendasar yang lebih serius. Jika tidak ditangani, masalahnya bisa bertambah parah.

Tumor rongga mulut, radang gusi, atau penyakit periodontal dapat menyebabkan nyeri saat makan. Hal ini biasanya disebabkan oleh pemberian makanan anjing kering.

Gigi yang patah atau lepas juga bisa terasa sakit untuk setiap gigitan mereka, sehingga membuat anjing menghindari makanan dan mengunyah mainan. Masalah pada gigi atau mulut anjing kesayangamu juga dapat menjadi penyebab anjing bau.

2. Vaksinasi atau Pengobatan

Perawatan kesehatan anjing telah meningkat secara drastis selama bertahun-tahun. Vaksin dan obat baru memungkinkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan mencegah penyakit yang berpotensi berbahaya. Namun, beberapa obat memang memiliki efek samping yang tidak diinginkan.

Obat-obatan tertentu dapat membuat anjing mu kehilangan nafsu makan. Efek samping tersebut adalah yang paling sering terjadi, namun biasanya bersifat sementara, kurang lebih satu hari atau lebih.

3. Sakit perut

Jika anjing mu memakan sesuatu yang seharusnya tidak mereka makan, maka hal tersebut  dapat menyebabkan masalah pencernaan yang mungkin membutuhkan waktu untuk diatasi. Ini adalah salah satu alasan mengapa anjing tidak mau makan yang paling sering terjadi.

Bahkan anjing yang paling terlatih pun dapat tergoda untuk melahap sampah, serangga, dan benda lain yang tampaknya enak.

Jika ini terjadi, anjing mungkin akan mengalami sakit perut dan berusaha membuang apa pun yang mereka makan. Mereka mungkin mulai muntah atau makan rumput, dan mengakibatkan anjing mengalami masalah diare.

Bagaimanapun, perasaan tidak enak di perut mereka akan sering membuat mereka menghindari makanan sampai mereka mulai merasa lebih baik.

4. Kualitas makanan

Kualitas makanan yang kamu berikan kepada anjing mu juga dapat berpengaruh besar pada cara mereka bereaksi. Makanan yang lebih murah seringkali tidak menggunakan bahan-bahan berkualitas. Makanan berkulitas rendah juga biasa memiliki protein lebih sedikit, sehingga membuat anjing tidak berselera.

Perubahan kualitas makanan yang tiba-tiba juga dapat menjadi alasan mengapa anjing tidak mau makan, terutama jika kamu menurunkan kualitas makanan mereka.

5. Makanan basi

Meskipun makanan anjing sering kali dibuat agar memiliki umur simpan yang lama, bukan berarti makanan tersebut tidak bisa rusak. Yang lebih buruk adalah sulit untuk mengetahui berapa umur makanan anjing hingga berbau tengik dan akhirnya basi.

Makanan lama seperti bisa menjadi tidak enak bagi anjing, menumbuhkan jamur, dan menjadi bau. Selain itu, makanan anjing yang telah lama akan kehilangan nilai gizi penting yang dibutuhkan anjing untuk berkembang.

Anjing tahu saat makanan tidak enak, jadi mereka akan menghindarinya. Ini biasanya lebih terlihat pada makanan basah. Namun, itu juga dapat terjadi di makanan anjing kering yang bahkan masih terlihat baru.

6. Rutinitas baru

Anjing adalah makhluk yang menyukai rutinitas. Setelah jadwal harian mereka ditetapkan, mereka akan selalu mematuhinya. Mengubah rutinitas bahkan sedikit saja dapat membuatnya tidak nyaman.

Mengubah waktu makan, olahraga harian, jalan-jalan atau menambahkan anggota keluarga baru akan membuat mereka merasa cemas, dan terkadang hal ini yang membuat anjing tidak mau makan dan kehilangan selera.

Penting untuk melakukan perubahan secara perlahan agar memastikan kenyamanan anjingmu, karena perubahan mendadak dalam kehidupan sehari-hari mereka dapat menyebabkan mereka tidak nafsu makan untuk beberapa waktu sampai mereka percaya diri pada rutinitas mereka lagi.

7. Pilih-pilih

Seperti manusia, anjing memiliki preferensi sendiri. Ini mungkin mengejutkan banyak pemilik anjing, tetapi faktanya, anjing akan mengembangkan selera untuk apa yang mereka sukai seiring waktu.

Mereka mungkin menikmati rasa tertentu tetapi menjauh dari rasa lain yang menurut mereka menjijikkan. Bahan tertentu dalam makanan anjing juga bisa membuat mereka menghindar. Mereka mungkin tidak menyukai rasa atau bahan sayuran tertentu yang memiliki rasa sedikit asam, manis, dsb.

Jika demikian, inilah saatnya menemukan sesuatu yang disukai oleh teman kecil mu yang pemilih tersebut.

8. Kebosanan

Jika kamu telah memberikan anjingmu makanan dengan merek dan rasa yang sama selama bertahun-tahun, maka kemungkinan mereka akan merasa bosan. Apa yang dulunya adalah sesuatu yang tidak bisa mereka lewatkan akan berubah menjadi sesuatu yang ingin mereka hindari.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencampurkan makanan lama anjingmu dengan jenis makanan ekstra lainnya, misalnya campuran makanan anjing basah dan kering.

Cara ini biasanya berhasil untuk mengatasi anjing tidak mau makan karena bosan. Kamu juga bisa sesekali mengganti variasi camilan mereka untuk memastikan anjingmu tidak lagi bosan dengan makanannya.

9. Kebiasaan Buruk

Meskipun menambahkan beberapa makanan ekstra adalah cara yang bagus untuk menambahkan sesuatu yang baru pada makanan mereka yang membosankan, tetapi melakukannya terlalu sering  bisa berubah menjadi kebiasaan buruk.

Makan makanan manusia atau camilan di meja makan bukanlah yang terbaik untuk anjing. Jika terlalu sering, mereka bisa terus-menerus mengharapkan camilan ekstra dan menolak untuk makan makanan normal mereka sampa mereka mendapatkannya.

10. Makan berlebihan

Camilan adalah cara yang bagus untuk memberi penghargaan kepada anak anjingmu karena telah berperilaku baik dan menunjukkan rasa sayang kepadanya.

Namun hati-hati, meskipun kamu tergoda untuk memberikan mereka camilan setiap kali mereka memamerkan mata anak anjingnya yang manis, hal itu dapat menyebabkan pemberian makan yang berlebihan.

Pemberian camilan yang baik harus diperhitungan tidak lebih dari 10% dari kalori harian mereka, dan dibagi untuk satu hari penuh agar nafsu makan mereka tetap terjaga.

Jika terlalu banyak camilan yang kamu berikan, itu akan mengajarkan mereka untuk hanya mengandalkan camilan sebagai asupan utama mereka daripada makanan yang seharusnya.

11. Masalah Medis

Dalam skenario kasus yang lebih buruk, anjing yang tidak mau makan mungkin mengalami masalah kesehatan yang signifikan. Kehilangan nafsu makan adalah gejala umum dari banyak penyakit.

Meskipun tidak mau makan bukanlah indikator yang jelas tentang apa yang mungkin mereka derita, maka ada baiknya untuk kamu mencari gejala lain yang mungkin diderita anjing mu.

Penyakit serius seperti kanker, kegagalan organ, dan infeksi dapat membuat anjing kehilangan nafsu makan dalam waktu yang lama jika tidak diobati. Ini dapat menyebabkan penurunan berat badan dan masalah tambahan yang fatak.

12. Penyakit Yang Baru Terjadi

Jika anjingmu baru-baru ini muntah setelah memakan makanan normalnya, ia mungkin akan kesulitan mempercayai makanan itu lagi.

Terlepas dari alasan anjing muntah, mereka akan menghubungkan ketidaknyamanan dengan makanan tersebut sehingga membuat mereka lelah dan ragu-ragu.

Anjing membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk memakan makanan yang sebelumnya sudah mereka muntahkan, jadi sebaiknya kamu mengganti makanan agar mereka mau makan lagi.

13. Usia

Tubuh dan indera anjing akan berubah seiring bertambahnya usia. Mereka dapat mulai menolak makanan bahkan menghindari makan sama sekali. Meskipun banyak yang menganggapnya sebagai penuaan, kemungkinan ada penyebab sederhana yang tidak dapat kamu lihat.

Gigi anjing mungkin sensitif dan sakit karena usia atau mereka mungkin tidak menyukai bau dan rasa yang lemah karena perubahan indra mereka.

Anjing tua yang tak mau makan harus diberikan makanan yang lebih lembut agar mereka tidak merasa sakit serta dengan rasa yang lebih kuat untuk memikat mereka.

14. Lingkungan Baru

Jika kamu  baru saja pindah atau sedang berlibur, anjing mu mungkin mengalami masalah dalam menghadapi lingkungan barunya. Mereka mungkin merasa tidak nyaman atau gugup di lingkungan tersebut sehingga menyebabkan mereka kehilangan nafsu makan.

Dalam beberapa kasus, bahkan sesuatu yang sederhana seperti memindahkan piring mereka ke ruangan baru dapat menyebabkan masalah anjing tidak mau makan

15. Masalah Perilaku

Berbagai masalah perilaku yang berbeda dapat membuat anjing menjadi ragu-ragu untuk makan. Masalah ini berkembang dari waktu ke waktu, seringkali berasal dari pengalaman masa lalu yang tidak mereka sukai.

Misalnya, anjing mungkin mengaitkan makan dengan perasaan cemas karena dimarahi atau dibentak. Jenis masalah ini lebih umum terjadi di rumah dengan banyak anjing.

Anjing juga mungkin kesulitan makan saat ada orang lain di dalam ruangan. Hal ini biasa terjadi pada anjing penyelamat yang menghabiskan waktu di tempat penampungan. Mereka mungkin membutuhkan ruang terpisah mereka sendiri dari keributan untuk mulai makan.

Masalah perilaku ini, meski terkadang sulit ditangani, dapat diperbaiki dengan sedikit kesabaran dan dukungan berkelanjutan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*