Cara Melatih Anjing Untuk Diam Di Tempat

Cara Melatih Anjing Untuk Diam di Tempat

Cara melatih anjing untuk diam di tempat (stay) dapat kamu lakukan setelah kamu berhasil melatih anjingmu untuk berbaring sesuai dengan perintah yang kamu berikan. .

Mengajari anjing perintah diam di tempat atau “Stay” akan sangat berguna untuk mengatur perilakunya ketika kamu ingin memasangkan tali di lehernya atau ketika berada di tempat yang rawan, misalnya, saat menunggu lampu merah ketika ingin menyebrang.

Untuk itu, kamu bisa mengikuti 6 langkah cara melatih untuk tetep diam di tempat, berikut ini:

  1. Perintahkan anjing mu untuk berbaring.
  2. Jangan berikan camilan atau pujian apapun, tapi berikan isyarat tangan misalnya tanda “berhenti” dengan telapak tangan menghadap ke arah anjingmu, sambil ucapkan perintah “stay”, tunggulah beberapa saat dan berikan dia hadiahnya jika dia berhasil untuk tetap diam, dan jangan berikan apapun jika ia gagal.
  3. Lakukan latihan ini berkali-kali dalam sesi yang singkat dan teratur, kamu secara bertahap dapat meningkatkan lama waktu anjingmu saat dalam posisi berbaring.
  4. Selanjutnya, kamu dapat mulai meningkatkan jarak antara kamu dan anjingmu.
  5. Mulailah dengan hanya mengambil satu langkah mundur sebelum memberikan mereka hadiah dan kemudian perlahan-lahan tingkatkan jaraknya lagi.
  6. Berikan latihan di banyak tempat berbeda, seperti di sekitar rumah, di halaman, di taman, dan di rumah orang lain.

Tips Cara Melatih Anjing Untuk Diam Di Tempat

Penting untuk memperpanjang waktu “stay” anjing mu secara bertahap. Berlatihlah secara teratur dan tingkatkan waktunya beberapa detik setiap kali latihan.

Perhatikan tanda-tanda bahwa anjingmu akan berhenti dari posisi “Stay” dan segera berikan dia hadiahnya sebelum dia berubah posisi, atur dia untuk berhasil daripada gagal.

Selain posisi “Down” atau berbaring, kamu juga bisa mengajari anjingmu untuk diam dalam posisi “sit” atau duduk. Langkah yang harus diambil sama persis, kamu hanya perlu memberi perintah duduk sebelum memulai latihan ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*