Cara Melatih Anjing Beagle Agar Cepat Nurut

Cara Melatih Anjing Beagle Agar Cepat Nurut

Anjing beagle. Menggemaskan, perawatan murah, dan baik hati — mereka adalah anjing bertubuh kecil dengan selera humor yang unik. Mereka senang dengan anak-anak, bisa tinggal di apartemen, dan kamu tidak perlu biaya mahal untuk merawat mereka.

Sangat mudah untuk melihat mengapa anjing beagle adalah jenis yang cukup populer. Tapi, ada satu kekurangan dari anjing menggemaskan ini, yaitu reputasi sebagai anjing yang sulit untuk dilatih dan nakal, terutama anak anjing beagle.

Melatih Anjing Beagle Agar Cepat Nurut

Tetapi tenang saja, karena kali ini CloverLeo akan membantumu tentang bagaimana melatih anjing beagle agar cepat nurut terutama yang masin anak-anak. Cara yang dibutuhkan juga tidak terlalu rumit, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini:

1. Area Khusus Untuk Makanan, Air, dan Kamar Mandi

Hal pertama yang wajib kamu tahu dalam cara melatih anjing Beagle adalah bahwa mereka membutuhkan area khusus untuk makan, tidur, dan melakukan urusan mereka. Ini bisa berupa ruangan, area tertutup di dapur atau ruang tamumu.

Melatih anjing beagle yang masih anak-anak di rumah adalah pekerjaan yang besar, dan menetapkan zona untuk anjing beagel-mu berarti mengajarkan mereka untuk menghargai area dimana mereka bebas berkeliaran dan yang tidak.

Anjing beagle pada dasarnya adalah hewan yang memiliki rasa ingin tahu yang besar dan akan mengikuti hidungnya ke semua arearumah — makhluk lucu ini dan menggemaskan, tetapi terkadang mereka bisa berperilaku nakal sehingga kamu perlu menetapkan batasan-batasan yang boleh dan yang itdak.

Permudah segala sesuatunya dengan menyiapkan pintu untuk anjing atau mainan anjing, dengan cara itulah kamu akan meminimalkan kemungkinan menemukan sepatu yang telah dikunyah, furnitur yang rusak, dan noda pipis yang tersebar di seluruh rumahmu.

2. Ajarkan Perintah Sederhana Berbasis Kata

Perintah anjing berbasis kata adalah hal yang wajib dimiliki para pemilik anjing, tetapi proses mengajari anjing beagle dengan bahasa baru ini akan sedikit memakan waktu.

Awalnya, kamu perlu memahami bahwa anjing tidak memiliki referensi tentang apa yang dimaksud dengan perintah anjing sederhana seperti: “duduk”, “diam”, “kemari”, “mengambil”, dan, “tidak”. Jadi, jaga semua perintahnya agar tidak rumit sejak awal kamu melakukan pelatihan.

Kamu harus melatih anjing beagle untuk mematuhi perintah baik di dalam ruangan maupun di luar, tetapi ide yang bagus untuk memulainya di dalam, karena gangguannya cenderung lebih sedikit.

Ketika anjing mulai memahami berbagai hal, barulah kamu bisa melakukan pelatihan di luar, dan saat inilah kamu akan melihat keterampilan baru tersebut beraksi — di taman bersama anjing lain, di jalan, dan di mana pun kamu membawa anak anjing lucumu itu.

• Tidak Berarti Tidak, Bagus berarti Lanjutkan

Kata-kata terpenting yang harus kamu ajarkan pada anjing beagel-mu adalah “tidak” yang berarti menghentikan apapun yang mereka lakukan dan “Bagus” yang berarti lanjutkan atau memperkuat isyarat perilaku baik mereka.

Gunakan nada yang tepat dan pertahankan intonasi bahasamu di setiap latihan, dengan begitu anjingmu akan dengan cepat mengerti apa yang kamu ajarkan.

Seperti kebanyakan anjing lainnya, Anjing beagle akan termotivasi dengan mudah oleh pujian dan camilan, oleh karena itu jangan lupa untuk selalu memberikan kedua hal tersebut ketika mereka melakukan hal yang benar. Mengelus anjing juga dapat dianggap sebagai bentuk pujian bagi mereka.

• Jangan Terlalu Lama

Anak anjing Beagle tidak dapat mempertahankan konsentrasi dan fokus mereka dalam waktu lama. Jadi jaga agar sesi latihanmu singkat dan tepat.

Kamu bisa mencoba mengubah sesi pelatihan dan keterampilan yang berbeda setiap hari. Misalnya, luangkan 10 menit untuk mengerjakan “ambil” pada hari Senin, lalu keesokannya lagi untuk pelatihan “kemari”, dan seterusnya.

• Jangan Dalam Kondisi Kenyang

Waktu yang ideal untuk pelatihan adalah di antara waktu makan ketika anjingmu mulai lapar. Melatih anjing beagel dalam kondisi kenyang itu berarti kekuatan camilan tidak akan berguna banyak.

• Jangan Meremehkan Perintah “Ambil”

Coba ajari anak anjing beagelmu perintah “ambil” terlebih dahulu, karena anjing beagel memiliki keinginan bawaan untuk menjelajahi dan mengambil suatu objek untuk mereka mainkan.

Jadi dengan memanfaatkan naluri mereka tersebut, kamu  bisa mengajarkan bahwa pelatihanmu yang lain juga termasuk dalam bentuk permainan yang mereka sukai.

3. Pastikan Mereka Cukup Berolahraga

Kamu harus merencanakan untuk menghabiskan setidaknya satu jam bermain dengan anjing beagelmu dan pergi berjalan-jalan. Olahraga yang cukup merangsang otak dan membantu mengekang perilaku buruk mereka.

Berjalan-jalan akan meregangkan otot dan meningkatkan kekuatan serta fungsi sebagai pelepas energi alami anak anjing. Artinya, kamu harus memulainya dengan berjalan santai, karena jika kamu mengajak mereka jalan cepat atau jogging ringan, mereka mungkin kesulitan mengikutinya selama beberapa bulan pertama.

4. Tetapkan Jadwal Makan

Rutinitas adalah hal yang sangat penting dalam mengajari anjingmu aturan-aturan di dalam rumah. Dan ini juga berlaku untuk waktu makan. Anak anjing memerlukan beberapa camilan sepanjang hari, kamu bisa membicarakannya dengan dokter hewan untuk menetapkan jadwal makan mereka.

Manfaatnya di sini adalah, akan lebih mudah untuk memprediksi kapan anjing perlu ke kamar mandi.

5. Memperkenalkan Pelatihan Kandang

Pada 2-3 Bulan, Pertimbangkan Pelatihan Peti. Pelatihan peti telah lama dianggap kejam atau kontroversial, tetapi kenyataannya, ini jauh dari kata kejam. Faktanya, anjing yang dilatih untuk berada di kandang akan mengalami penurunan kecemasan akan perpisahan saat kamu tidur atau pergi bekerja.

Dan jangan lupa, seekor anjing nakal biasanya akan baik-baik saja jika mereka buang air di karpet ruang tamu-mu, tetepi mereka tidak akan mengotori tempat tidurnya sendiri. Jadi semua pilihan ada di tanganmu.

6. Buang Air di Area Mereka

Ada beberapa tanda yang cukup jelas jika anak anjing beaglemu perlu ke buang air. Mereka biasanya akan mengendus-endus atau berputar-putar. Dan inilah saatnya untuk melatih mereka, agar tidak membuat kotoran di seluruh penjuru rumah.

Bawa anjingmu keluar setiap satu atau dua jam dan tunjukkan zona buang air yang telah ditentukan. Tunggu beberapa menit dan bawa dia masuk kembali jika memang tidak jadi. Ulangi prosesnya lagi nanti. Dan jangan lupa memberikan camilan jika mereka melakukannya dengan benar.

7. Konsistensi

Meskipun anjing beagle memiliki reputasi pembuat masalah, tetapi mereka tidak senakal yang dibayangkan. Kunci dari semua ini adalah konsistensi. Ini berarti kamu harus terus memastikan ketegasan disetiap pelatihan anjing beagel mu. Termasuk jadwal makan, jalan-jalan, dan cara menggunakan kamar mandi mereka.

Itulah bagaimana cara melatih anjing beagel dengan 7 langkah sederhana agar mereka menjadi anjing lucu yang patuh dan tidak pernah membuat masalah di rumah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*