Bagaimana Cara Mengelus Anjing Yang Benar?

Bagaimana Cara Mengelus Anjing Yang Benar

Kalau kamu pecinta anjing, pasti sulit menolak untuk mengelus saat melihat anak anjing yang lucu di taman atau di jalan. Tapi pikirkan dua kali sebelum kamu melakukannya. Meskipun kamu sudah mengelus anjing sepanjang hidupmu, tapi mungkin cara yang kamu lakukan masih belum tepat.

Dalam sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam Journal of Veterinary Behavior, para peneliti mengamati 28 anjing dari berbagai ras, usia, dan latar belakang. Anjing-anjing itu mengenakan monitor detak jantung dan diamati ketika orang asing dibawa ke ruangan bersama pemiliknya, tetapi mereka diabaikan.

Orang-orang asing itu diberitahu untuk mengelus anjing itu dengan sembilan cara berbeda – termasuk di atas kepala, dada, bahu, leher, pangkal ekor serta memegang cakar – dan peneliti mengamati tanggapan mereka.

Saat anjing dibelai di kepala atau kaki, mereka menunjukkan apa yang dikenal sebagai “gerakan menenangkan diri” seperti menjilat bibir dan menguap untuk menunjukkan bahwa mereka sedang stres. Mereka juga mengalami peningkatan detak jantung.

Mereka paling nyaman saat dibelai di bagian dada, bahu atau pangkal ekor, dan tentunya, anjing peliharaanmu akan lebih mentolerir perilakumu daripada anjing asing.

Bagaimana Cara Mengelus Anjing Yang Benar

Oleh karena itu, sebelum kamu mengelus anjing lucu yang kamu temui di jalan, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mengelus anjing yang benar dengan mempelajari beberapa tips dibawah ini.

Hindari kontak mata

Mungkin beberapa anjing ada yang menatap matamu dengan muka memelas mereka, tetapi faktanya, kontak mata langsung dapat membuat anjing merasa tidak nyaman karena kamu dianggap agresif dan mendominasi.

Perilaku ini juga menjadi salah satu yang paling sering dilakukan manusia yang sebenarnya sangat tidak disukai anjing. Oleh karena itu, sebaiknya kamu berjalan perlahan dengan pandangan mata yang tidak tertuju ke mata anjing asing yang ingin kamu hampiri.

Ajak anjing untuk berinteraksi

Alih-alih menjadi orang yang melakukan interaksi pertama kali, kamu bisa berjongkong dan melihat apakah anjing lucu itu tertarik untuk menyapamu terlebih dahulu.

Kamu bisa mengulurkan tangamu dan melihat reaksinya. Jika anjing tersebut hanya mengendusmu dan pergi, maka mereka berarti sama sekali tidak tertarik dengan interaksi apapun bersamamu.

Namun jika mereka diam dan malah menyenggolmu, itu berarti mereka tertarik. Oh ya, jika anjing merasa terancam ketika kamu ingin mengelusnya, maka sebaiknya kamu mengepalkan tanganmu.

Bagian terbaik untuk mengelus anjing

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, hindarilah menyentuh atau mengelus bagian kepala dan wajah anjing, karena ini dapat dianggap sebagai sikap yang mengancam dan mengganggu “ruang pribadi” mereka, jangan juga moncong anjing yang merupakan area rentan mereka.

Oleh karena itu, bagian tubuh terbaik untuk menyentuh atau mengelus anjing adalah bagian dada, bahu dan pangkal leher. Bagian perut anjing juga sebaiknya dihindari karena ada beberapa anjing yang berbaring terlentang dan menunjukan perutnya karena merasa tunduk atau takut.

Belai dengan lembut

Bersikaplah tenang dan perlaha ketika mengelus anjing asing, usap juga ke arah tumbuhnya bulu. Jangan melakukan gerakan mengelus yang kasar atau cepat kecuali kamu sudah mengenal anjing itu sebelumnya.

Manusia yang mengelus anjing akan memberikan efek teapeuktik dan menenangkan bagi kedua belah pihak sehingga mendapakan manfaat timbal balik satu sama lain. Jadi saat kamu mengelus anjing dengan cara yang santai dan lembut, mereka akan semakin akrab denganmu.

Perhatikan tanda-tanda stres

Untungnya, anjing pandai mengirimkan sinyal tentang perasaan mereka. Jika kamu membelai anjing dan dia bersandar kepadamu sambil mengibas-ngibaskan ekornya, kemungkinan besar dia menikmati interaksi tersebut.

Tetapi jika dia menguap, menjilat bibir, mengalihkan pandangan, atau telinganya ke belakang, berarti dia memberi tahumu bahwa dia edang stres. Jadi jika mereka menunjukan tanda-tanda tersebut, sebaiknya kamu berhenti dan mundur sejenak.

Dengan mengamati reaksi anjing terhadap kontak fisik dan mengikuti petunjuknya, kamu dapat meningkatkan ikatanmu dengannya dan menjalin hubungan yang lebih positif.

Jangan memeluk

Ini adalah salah satu cara yang paling sering dilakukan manusia untuk menunjuka cinta dan kasih sayang. Tetapi meskipun manusia suka melakukannya, sebagian besar anjing tidak merasa nyaman dengan aktivitas ini.

Kamu mungkin merasa anjing peliharaanmu menyukai pelukan, akan tetapi ini adalah aktivitas yang cukup berbahaya jika kamu lakukan terhadap anjing asing. leh karena itu sebaiknya kamu berinteraksi dengan mengelusnya di tempat-tempat yang disukai seperti yang sudah disebutkan di atas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*