7 Perintah Anjing Yang Wajib Diajarkan Pemiliknya

7 Perintah Anjing Yang Harus Diajarkan Pemiliknya

Anjing mu adalah sahabat terbaikmu, tetapi bagaimana perasaan anggota keluarga atau tetanggamu dengan keberadaan hewan lucu tersebut? Agar seekor anjing dapat diterima baik oleh lingkungan sekitarnya, dia harus memiliki perilaku yang baik dan memahami berbagai perintah. Anjing mu harus bersosialisasi, ramah dan dapat dikendalikan.

Meskipun anjing dapat mempelajari ratusan perintah, tetepi sebenarnya teman berbulu kita hanya perlu mengetahui beberapa perintah anjing yang penting agar dapat hidup dengan aman di sekitar orang dan hewan peliharaan lain.

7 Perintah Anjing Yang Wajib Kamu Latih

Mulailah melatih anjing mu di rumah dengan beberapa perintah anjing di bawah ini, atau bergabunglah dengan kelas pelatihan anjing jika memungkinkan. Jalan-jalan dengan anjing juga menyenangkan dan itu dapat membantunya menjadi lebih ramah serta membuatnya lebih tenang dengan berbagai ganggunan.

Duduk (Sit)

Perintah anjing ini adalah salah satu yang paling mudah untuk diajarkan, dan biasanya merupakan perintah pertama yang diperkenalkan pada anak anjing. Mempelajari perintah ini juga membantu anjing memahami cara merespons pelatihan. Pertimbangkan metode yang positif dengan cara melatih anjing untuk duduk yang efektif.

Sebagian besar program yang baik menggunakan camilan untuk memotivasi dan memberi penghargaan kepada anjing atas respons yang tepat terhadap perintah. Pastikan untuk memilih suguhan yang bebas dari aditif dan harus bisa dikunyah.

Berbaring (Down)

Perintah anjing praktis lainnya adalah berbaring. Ini bagus untuk semua anjing, terutama untuk anjing besar. Saat anjing mu belajar merasa nyaman dalam posisi berbaring, kamu dapat membawanya ke taman atau kafe pinggir jalan.

Seekor anjing yang santai di depan umum bukanlah ancaman bagi orang atau hewan peliharaan lain dan memberi kamu kebebasan untuk menikmati buku yang bagus atau mengobrol dengan teman-teman.

Diam di Tempat (Stay)

Tentu saja, perintah  “stay” adalah perintah yang paling baik dikombinasikan dengan “sit” dan “down”. Perintah “Stay” berguna saat kamu membutuhkan anak anjing mu untuk tetap diam saat kamu membuka pintu atau melakukan hal lain tanpa diganggu, dan anjing yang dilatih dengan baik bisa diam hingga setangah jam atau lebih.

Kemari (Come)

Perintah ini penting untuk dikuasai oleh setiap anjing (dan pemiliknya), karena mungkin dapat menyelamatkan nyawanya. Tidak dapat dipungkiri bahwa bahkan dengan pelatihan kepatuhan yang baik, suatu hari anjing mu dapat melarikan diri melalui pintu depan atau terlepas dari tali pengikatnya.

Dan perintah “Come” ini dapat melindunginya dari kecelakaan lalu lintas, tetangga, dan pertemuan dengan anjing lain.

Hentikan (Off)

Jangan bingung antara “down” dengan “off”. Gunakan perintah “hentikan” untuk mengajari anjing mu bahwa melompati orang atau memanjat furnitur itu tidak pantas. Perintah ini penting untuk menginstruksikan anjing agar tetap tenang saat memberi salam, dan menjaga keempat kakinya tetap di tanah.

Jangan Sentuh (Don’t Touch)

Anjing yang penasaran akan menemukan objek menarik untuk dirinya ke mana pun mereka pergi. Ajari mereka untuk melepaskan benda yang mereka temukan saat mengatakan “jangan sentuh” ​​atau “tinggalkan (Leave it)”. Perintah ini juga dapat digunakan di rumah, jika anjing mu menemukan sesuatu yang tidak dimaksudkan untuk kesenangannya.

Berjalan dengan Terkendali (Heel)

Anjing mu dapat menjadi pengganggu jika dia menarikmu ke tengah jalan. Bahkan anjing yang paling bersemangat sekalipun misalnya, Pembroke Welsh Corgi harus belajar menyesuaikan kecepatannya dengan kecepatanmu saat berjalan atau jongging.

Ada banyak cara pelatihan yang berbeda untuk mengajari anjingmu berjalan di sampingmu, atau berhenti dan duduk saat kamu berhenti bergerak.

Tanggung jawab besar dalam memelihara hewan peliharaan terutama anjing adalah memastikan anjing mu mengerti dan memahami beberpa perintah dasar yang diberikan. Cara melatih anjing agar patuh, seharusnya dapat dibuat menyenangkan terutama jika kamu menemukan teman atau kelompok pemilik anjing yang sedang melatih anjing mereka juga.

Kamu bisa menambahkan beberapa latihan seperti fetch, jump dan yang lainnya, sehingga anjing mu menjadi lebih pintar dan memiliki banyak trik yang lucu. Untuk tujuan jangka panjang, sebaiknya kamu melakukan pelatihan anjing sedini mungkin untuk membangun kebiasaan baik sejak dia kecil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*